Maju mapan

Sabtu, 17 Desember 2016

MENANAM KEDELAI

Siapa sih yang gak kenal kedelai ?😍 Kedelai merupakan salah satu bahan masakan favorit dari usia balita hingga manula dari jaman dahulu hingga sekarang. Cara penyajianny pun berbeda-beda dari yang sekedar di goreng, di rebus, di buat rempeyek, di jadikan tempe dll..
 Langkah-langkah menanam kedelai

PENYIAPAN LAHAN

Alangkah baiknya bila kedelai di tanam di sawah bekas menanam padi. Bisa juga di pekarangan rumah atau pun dalam pot ( polibag ).
Saya menanamnya dalam polibag aja karena belum punya sawah ataupun pekarangan.

PEMILIHAN BENIH

 Pemilihan bibit kedelai penting untuk dilakukan. Benih yang baik untuk anda budidayakan adalah benih dengan varietas yang sudah diketahui kualitasnya. Sebelum ditanam, sebaiknya benih direndam dengan air kencing kelinci selama kurang lebih sepuluh menit saja.

MENYIAPKAN MEDIA TANAM

Media tanam yang digunakan adalah tanah gembur + subur, arang sekam dan pupuk kompos. Untuk hasil yang maksimal gunakan kompos yang sudah matang ( BOKASHI ). Adapun ukurannya 2 - 1 - 1.

PENANAMAN

Sebelum menanam basahi dulu media tanam hingga merata. Untuk teknik menanam yang baik, masukkan 2 sampai 3 biji disetiap lubang tunggal di polibag dan tutup benih dengan tanah gembur, tidak perlu dipadatkan. Beri jarak antar polibag sekitar satu jengkal tangan ( 20 cm ). Waktu penanaman yang paling baik adalah saat akhir musim hujan, dimana curah hujan atau air akan menurun yang sangat cocok dengan tanaman kedelai yang tidak cocok dengan tanah yang sangat basah.

PENYULAMAN

Benih kedelai akan mulai tumbuh setelah 5-6 hari. Apabila setelah masa tersebut ada beberapa benih yang tidak tumbuh dengan baik, anda bisa melakukan proses penyulaman dengan menggantinya dengan benih yang baru. .

PEMUPUKAN

Proses pemupukan diberikan setelah tanaman kedelai berumur dua minggu dan pemupukan diberikan setiap seminggu sekali. Sebaiknya menggunakan pupuk BOKASHI atau TRIKODERMA.

PENYIRAMAN

Apabila masih hujan ya di sesuaikan dengan kebutuhan tanaman. Kalau saja tanah mulai kering baru di siram. Untuk nutrisi organik anda bisa cek di link bawah ini.....

http://petanihematbiaya.blogspot.co.id/2016/12/membuat-pupuk-npk-dengan-bahan-alami.html?m=1


MASA PANEN

Waktu yang tepat untuk memanen kedelai adalah saat biji polong sudah bewarna kuning kecoklatan, daun menguning dan mulai gugur. Biasanya berumur tiga bulan. Silahkan memetik kedelai hasil jerih payah Anda.
Selamat menikmati
Sekian dulu dari saya dan semoga sukses....amin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar